Seberapa Kuatkah Captain America?

Penonton MCU pasti tahu adegan ketika Captain America menahan laju helikopter dengan sebelah tangan. Mari membedah kekuatannya.
20161006-seberapakuatkahcaptamerica-insinyurx-aa

Alkisah, dalam film Captain America: Civil War, Bucky Barnes mau kabur dengan memanfaatkan helikopter. Tapi doi sial, karena sang Capt berhasil menahan laju heli tersebut dengan sebelah tangan. Jadi sebetulnya, seberapa kuatkah Captain America?Untuk menahan laju helikopter jenis Airbus AS350 dengan satu tangan, tentunya memperbesar bisep dengan latihan angkat beban saja tidak cukup. Kamu mesti pakai serum super seperti yang dipakai Steve Rogers. Kamu boleh bilang bahwa Steve curang karena memakai doping, tapi kalau efeknya betul luar biasa seperti itu, ya, siapa juga yang nggak mau?

Jadi begini ceritanya…

Dalam dunia Captain America, Dr. Abraham Erskine, seorang ahli DNA, telah menginjeksi Capt dengan serum “super soldier” dan perawatan “Vita-Ray”. Keduanya berfungsi meningkatkan kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, refleks, hingga metode penyembuhan tubuh Capt hingga 30% lebih besar ketimbang prajurit biasa.

Menurut buku “Secrets of Iron & Fire” Captain America 65th Anniversary Special 1 (2006), Sang Kapten mampu menahan beban seberat 600 kg, berlari sejauh 1.6 km hanya dalam waktu 73 detik, serta memiliki ketahanan tubuh terhadap segala macam cuaca ekstrim. Buktinya, dia tetap hidup, tuh, meski terkubur berpuluh tahun di dalam es.

Di lain sisi, sesuai dengan catatan spesifikasi teknis untuk helikopter Airbus AS350, kapasitas angkat berat helikopter itu selama lepas landas adalah sekitar 1.5 ton. Jadi, agar bisa menahan lajunya, Captain America harus punya kekuatan minimal dua kali lipat dari kekuatan helikopter itu.

Nah, faktanya, di dalam film Civil War Si Kapten berhasil menggagalkan upaya Bucky Barnes untuk kabur. Jadi seberapa kuatkah Captain America? Para fans yang nerdy telah menghitung dan sampai pada kesimpulan, bahwa apa dilakukan Capt membutuhkan kekuatan 10 kali lipat lebih besar dari rata-rata kekuatan manusia normal.

Intinya, kalau Anda ketemu Steve Rogers di pasar dan dia meminta jam tangan Anda, ya, kasih saja.

 

Rubrik
Day DreamingPilihan Editor

Artikel sejenis