Ada Terang di Hidup Van Gogh yang ‘Gelap’

Selain dikenal sebagai pelukis jenius, Van Gogh juga dikenal karena kisah hidupnya yang kelam.
van gogh-insinyur x

Nama Vincent van Gogh sudah tidak asing di kalangan seniman, terutama seniman lukis. Ia merupakan salah seorang pelukis yang karyanya paling berpengaruh sepanjang masa. Tetapi di luar dunia lukis-melukis, ada sisi lain dari pelukis asal Belanda ini yang juga menarik atau misterius bagi banyak orang: kehidupannya sehari-hari.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pada periode tertentu dalam hidupnya, Van Gogh sempat mengalami gangguan mental. Gangguan itu kemudian turut mempersulit dirinya dalam berkarya. Bahkan, konon Van Gogh pernah sampai memotong telinganya sendiri. Itu sebabnya banyak orang yang mengatakan bahwa Van Gogh menjalani kehidupan yang gelap dan kelam. Tetapi benarkah begitu di mata Van Gogh?

Berdasarkan penelitian kecil-kecilan Insinyur X, dunia dari perspektif Van Gogh mungkin tidak gelap-gelap amat. Hal ini tercermin dari karyanya sendiri. Karya-karya Van Gogh justru banyak bermain di palet warna cerah (yang hebatnya sampai hari ini nggak berhenti mencerahkan dunia!).

Insinyur X mendata dan mendistribusikan sebanyak 776 karya lukis Van Gogh berdasarkan perjalanan kehidupan seninya (1882-1891) dan kadar keterangannya (brightness median); 0 s/d 80 rendah, 81 s/d 160 sedang, dan 161 s/d 240 tinggi.

Pola pertama yang muncul dari analisa ini adalah sebanyak 611 lukisan berada di kadar keterangan sedang dan tinggi, sedangkan hanya 165 lukisan yang tergolong gelap. Lalu pola yang kedua, terlihat perjalanan gradual yang indah dari karya yang dominan gelap ke arah terang. Sebagai catatan, karya Van Gogh yang paling terkenal seantero dunia, “The Starry Night”, berada di kadar keterangan sedang (93). Sebagai catatan, karya ini ia ciptakan di saat ia sedang dalam masa-masa gangguan mental.

Di bawah ini adalah infografik karya Van Gogh berdasarkan kadar keterangannya. Silakan simak, karena siapa tahu, kamu bisa menemukan pola menarik lainnya.

IG-1-EW32-Van Gogh_Brightness_Median_A2_small

 

Rubrik
Brain Squeeze

Artikel sejenis