Pertimbangan Ilmiah Memilih Pokemon Andalan

Main Pokemon Go? Nah, ini ada penjelasan ilmiah tentang Pokemon jenis apa yang mesti kamu punya.
09112016-pertimbanganilmiahmemilihpokemon-insinyurx-febyelsadiora

Sains menjelaskan Pokemon jenis apa yang sebaiknya kamu pakai ketika bertarung memperebutkan gym dalam Pokemon Go. Berikut adalah pertimbangan ilmiah memilih Pokemon andalan.

Siapa, sih, yang tak mengenal game Pokemon Go? Permainan ini memang lagi gila-gilanya. Nah, di luar itu, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Thomas Codd, yang dirilis dalam Journal of Interdisciplinary Science, berhasil mengungkapkan fakta-fakta yang bisa kamu terapkan agar dapat menjadi raja di dunia Pokemon Go.

Thomas, pada awalnya, meneliti tiga pokemon standar yang bisa kamu dapatkan di awal permainan, yaitu Venusaur, Blastoise dan Charizard. Bersama koleganya, ia lantas mengamati kekuatan masing-masing pokemon saat bertarung dalam Pokemon Go, melihat data dari film kartun dan juga game pokemon lain, seperti Pokemon Red, Blue, dan Yellow. Hasilnya adalah pertimbangan ilmiah memilih Pokemon andalan yang tak boleh kamu lewatkan.

Dari hasil penelitian tersebut, Thomas mengetahui bahwa Venusaur memiliki kekuatan menghancurkan yang luar biasa. Ia mampu menyerap sinar matahari dan mengolahkannya menjadi senjata andalan, Solar Beam. Meski pokemon jenis ini memerlukan waktu yang lama guna mengumpulkan banyak sinar matahari, Thomas mengatakan bahwa hal itu layak ditunggu. Ia memperkirakan bahwa dalam satu kalo serangan Solar Beam terdapat energi sebesar 194.000 joule. Itu jumlah yang sama dengan yang digunakan sebuah mobil bertenaga surya untuk dapat melaju dengan cepat di jalan raya.

Berikutnya adalah pokemon Blastoise. Jenis pokemon air ini memiliki dua meriam besar pada bahunya. Thomas menghitung, jika setiap meriam mampu menembakkan 206,4 kilogram air per detik, maka kekuatan total dari senjata itu adalah 386.000 joule. Ini hampir dua kali lipat daripada jumlah energi yang bisa dihasilkan oleh Venusaur.

Charizard, di sisi lain, merupakan pokemon jenis api dan memiliki senjata andalan berjuluk Flamethrower. Khusus untuk pokemon ini, Thomas menonton banyak seri anime pokemon yang di dalamnya terdapat pertarungan yang melibatkan Charizard. Pada sebuah episode yang berjudul “Can’t Beat the Heat!” di 2013, Chaizard sukses mengalahkan Blastoise dengan senjata andalannya. Bahkan, pokemon ini mampu melelehkan arena tempat mereka bertarung. Dari hasil pertarungan itulah, Thomas kemudian berhasil mengukur kekuatan Flamethrower, yang ternyata memiliki kekuatan sebesar 2.62 x 1012 joule.

Nah, kini kamu sudah mengetahui pertimbangan ilmiah untuk memilih pokemon andalan. Jadi, kalau mau, silakan restart ulang permainanmu.

Rubrik
Brain Squeeze

Artikel sejenis

  • Main-Game-Bikin-Pintar

    Main Video Game Bikin Pintar

    Coba tanya apa pendapat orang tua kamu mengenai orang yang selalu memainkan video game? “Pemalas yang hobi buang-buang waktu, ngapain sih melakukan kegiatan yang tidak berguna,” dan alasan berasosiasi...
  • 20161006-seberapakuatkahcaptamerica-insinyurx-aa

    Seberapa Kuatkah Captain America?

    Alkisah, dalam film Captain America: Civil War, Bucky Barnes mau kabur dengan memanfaatkan helikopter. Tapi doi sial, karena sang Capt berhasil menahan laju heli tersebut dengan sebelah tangan. Jadi...