Benarkah Cowok Selalu Berpikir Soal Seks?

Laki-laki seringkali dituduh selalu berpikir soal seks. Para ilmuwan mencoba membuktikan kebenarannya.
21112016-benarkahcowokselaluberpikirseks-insinyurx-febyelsadiora

Katanya, cowok selalu berpikir soal seks satu kali setiap tujuh detik. Percaya atau tidak, simak artikel berikut ini. Ia akan memberimu pencerahan.

Pertama-tama, jika benar bahwa laki-laki memikirkan tentang seks setiap tujuh detik sekali, maka artinya ia berpikir 514 kali dalam satu jam, dan 72 ribu kali dalam sehari. Untuk membuktikan kabar burung itu, para ilmuwan yang dipimpin Terri Fisher dari Ohio State University membuat riset dengan melibatkan 283 mahasiswa (163 cewek dan 120 cowok) sebagai partisipan. Upaya mengukur pengalaman seperti ini, dalam dunia psikologi, dikenal dengan experience sampling.

Para mahasiswa itu lantas alat bernama “clicker”, yang bisa digunakan saat pikiran mereka mengacu pada keinginan untuk melakukan kegiatan seks, makan atau tidur. Hasilnya? 19 pria selalu berpikir tentang seks setiap hari. Sementara, dari 163 jumlah relawan wanita, hanya 10 yang memikirkan seks setiap hari (banyak dari mereka lebih tergiur makanan dan tidur). 

Riset lain soal ini dilakukan oleh Wilhelm Hoffman. Proses yang dilakukan melibatkan orang dewasa yang tinggal di Jerman. Dengan bantuan smartphone, Hoffman menghubungi para relawan tujuh kali dalam sehari, selama satu minggu penuh secara acak. Ketika layar ponsel menyala, ia akan menanyakan apa yang sedang dipikirkan oleh para relawan pada saat itu juga. Dengan begitu relawan bisa lebih rileks dan tak perlu merasa dikejar oleh perasaan harus mengklik sebuah alat ketika memikirkan tentang seks.

Hasil penelitian itu ternyata tidak jauh berbeda dengan studi yang dilakukan oleh Fisher. Para orang dewasa di Jerman ternyata juga memikirkan seks sekitar tujuh kali dalam sehari.

Dari dua eksperimen di atas, mitos bahwa kaum cowok selalu berpikir soal seks setiap 7 detik sekali terbantahkan. Tapi di sisi lain, ia malah menunjukan tren yang bisa mengkhawatirkan: masyarakat modern tidak banyak memikirkan seks dalam kesehariannya, tapi lebih peduli dengan makanan yang akan mereka santap, kapan mereka bisa beristirahat dan tidur nyenyak, kebersihan diri, bersosialisasi dan bagaimana mendapatkan secangkir kopi yang nikmat dalam waktu istirahat mereka.

Selebihnya, mereka lebih memilih menonton acara kesayangan di televisi, melihat email dan sibuk dengan media sosial daripada melakukan hubungan seks dengan orang yang dicintai. Hal ini, secara tak langsung, bisa turut memengaruhi angka pertumbuhan penduduk. Tak heran kini banyak negara memiliki neraca pertumbuhan penduduk yang minus.

Rubrik
Brain Squeeze

Artikel sejenis

  • 07112016-perilakusekshewanyanganeh-insinyurx-febyelsadiora

    Perilaku Seks Hewan yang Aneh

    Kalau kamu berpikir bahwa seks manusia sudah yang paling aneh bin ajaib, tunggu sampai kamu lihat perilaku seks hewan berikut ini. Tak disangka, ternyata mereka bisa begitu eughhh…...