Cara Menolak Gravitasi ala Tony Hawk

Trik-trik yang diperagakan Tony Hawk dengan skateboard-nya bukan cuma bagus ditonton. Ia melibatkan perhitungan fisika yang luar biasa.
09112016-menolakgravitasialatonyhawk-insinyurx-febyelsadiora

Tony Hawk adalah legenda hidup dunia skateboarding. Selain berandil dalam membesarkan freestyle skateboarding, atraksi ‘The Vertical” dan “Horizontal Loop”-nya sungguh tak tergantikan. Kedua atraksi tersebut sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali di Youtube

Nah, kalau kamu merasa punya bakat dan ingin melakukan aksi gila itu di rumah, maka kamu mesti berpikir dua kali, atau kalau perlu sepuluh kali. Bukan cuma sulit, trik Tony Hawk tersebut mewajibkan kamu mengantungi banyak keberuntungan dalam menolak gaya gravitasi dalam hukum fisika. Kamu berani?

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghitung berat badan. Hawk sendiri tampaknya selalu menjaga bodinya supaya tetap ideal. Ia tahu bahwa tak mungkin melakukan aksi gila macam itu dalam kondisi obesitas. Dan itu bisa dijelaskan secara fisika.

Berat badan yang ideal membuat massa, atau “m”, berakselerasi sempurna dengan gaya gravitasi, atau “g”. Jadi, meski gaya gravitasi secara pasti bakal menarik tubuh Hawk ke bumi, hal itu bisa ‘ditunda’ berkat adanya dorongan awal yang tepat, laju yang cepat, serta dibantu hentakan kuat dari otot-otot tubuh berberat badan yang ideal. Jadilah Tony Hawk berhasil melewati lintasan setengah lingkaran tanpa jatuh terjungkal.

Kini, berhubung kamu bukan Tony Hawk, maka cara termudah untuk bisa meniru aksi itu adalah dengan membuat pola ramp yang lebih tinggi. Dengan begitu, kamu akan memiliki gaya tolak yang lebih besar untuk melakukan aksi.

Ingatlah pula akan hukum tarik-menarik gravitasi Newton, yang bilang bahwa gaya tarik dapat digunakan untuk saling mendekatkan satu sama lain. Jadi ketika kamu melakukan gerakan memutar, bersiaplah melawan tarikan gravitasi dengan cara mencondongkan badan ke arah yang kamu tuju. Gunakan berat badan sebagai pengatur arah, biarkan daya tarik gravitasi yang berkerja selanjutnya. Mudah, kan? Sekarang tinggal persoalan nyali.

Rubrik
Brain Squeeze

Artikel sejenis