Ternyata, Tidak Sulit untuk Atasi Insomnia

Inilah kondisi yang kerap menghinggapi anak-anak muda dan pekerja kreatif: Insomnia. Tapi jangan khawatir, ternyata ada cara gampang mengatasinya.
insomnis-insinyurx

Kondisi insomnia memiliki gejala, dan sulit tidur di malam hari hanya salah satunya. Gejala lainnya? Di antaranya adalah sering terbangun di malam hari, atau merasa capek ketika baru bangun tidur.

Nah, kondisi insomnia ini, jika terus dibiarkan, dapat mengganggu aktivitas kamu, bahkan memengaruhi kesehatan. Selain kamu bakal jadi murid yang terlambat melulu karena kesiangan, kamu juga akan memiliki apa yang namanya kantung mata panda, kulit kusam, dan tampak lesu.

Sebelum ke dokter, mungkin ada baiknya mencoba cara yang satu ini dalam mengenyahkan insomnia: Mandi di malam hari. Mengapa mandi? Hmm, karena mandi terbukti bisa mengurangi kadar stress dan membuat badan menjadi lebih rileks. Dalam sebuah penelitian soal mandi malam, disebutkan bahwa mandi malam bisa merangsang tubuh untuk menyesuaikan suhu badan kamu, agar tidur pun menjadi lebih nyaman. Tapi, kan, mandi malam bisa bikin sakit? Kata kamu. Jangan khawatir, karena itu cuma mitos.

Mitos-mitos terkait mandi malam, seperti bisa bikin sakit paru-paru basah atau memicu rematik, telah dibantah oleh sains. Rematik itu merupakan penyakit autoimun yang penyebabnya sampai sekarang belum diketahui dengan pasti. Sedangkan paru-paru basah atau yang nama kerennya pneumonia, disebabkan oleh infeksi, bukan mandi malam. Mungkin bisa juga karena mandi malam, tapi kalau kamu mandi dengan air comberan.

Jadi jika kamu punya insomnia, coba saja dulu atasi dengan mandi malam. Tapi saat mandi malam ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, sebaiknya kamu mandi paling lambat dua jam sebelum tidur (timing is everything, bro!). Kedua, dianjurkan untuk mandi dengan air hangat. Jika kamu mandi dengan air dingin dekat dengan waktu tidur, bisa dipastikan tubuh kamu malah menjadi segar dan sulit untuk tidur. Ketiga, pastikan pintu rumah terkunci. Kamu tentu tidak mau ada psikopat yang masuk ke kamar mandimu, seperti di film Psycho.

Rubrik
Aha!

Artikel sejenis

  • cara hilangkan stres-insinyurx

    Hilangkan Stres dengan Burung dan Batang

    Lingkungan tempat tinggal ternyata memang betul-betul bisa memengaruhi tingkat stres seseorang. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exeter. Katanya, lingkungan tempat tinggal yang asri dan...
  • 07112016-parno-insinyurx-febyelsadiora

    Parno Adalah Kunci Menuju Sukses

    Paranoia atau paranoid merupakan gangguan mental di mana seseorang selalu meyakini ada hal yang membahayakan dirinya. Tetapi, kalau sedikit nggak apa-apa, lho… karena parno adalah kunci menuju sukses....