Hilangkan Stres dengan Burung dan Batang

Stres bisa datang kapan saja dan di mana saja. Siapa sangka, obatnya mungkin ada di halaman rumah dan lingkungan sekitar kamu.
cara hilangkan stres-insinyurx

Lingkungan tempat tinggal ternyata memang betul-betul bisa memengaruhi tingkat stres seseorang. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exeter. Katanya, lingkungan tempat tinggal yang asri dan nyaman akan dapat mengurangi stres penghuninya, dan kamu pun bakal menjadi lebih fresh menghadapi hidup.

Ketika kamu bangun pagi, coba lihat keluar jendela dan hitung berapa banyak burung yang dapat kamu dengar atau lihat. Semakin banyak burung yang kamu temui, maka semakin positif lingkungan tempat tinggal kamu. Burung gereja, merpati, gagak atau bahkan ayam (bukan yang sudah digoreng!), semuanya dapat memberikan dampak yang positif.

Selain burung, pohon dan tumbuh-tumbuhan juga memberikan efek positif. Dengan memandangi pepohonan saja, kita dapat mengurangi tingkat stres dan bahkan menurunkan tekanan darah. Pepohonan dan tumbuhan juga mengeluarkan phytoncides, zat yang selain bisa mengurangi hormon penyebab stres, bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh. Jika kamu meluangkan waktu dekat dengan pohon dan tumbuhan, walaupun hanya 15 menit, kamu sudah bisa merasakan perubahan pada tubuh (silakan coba kalau nggak percaya).

Bersyukurlah kamu yang tinggal dekat dengan lingkungan yang penuh dengan tumbuhan dan burung. Nah, bagi kamu yang tinggal di tengah kota yang penuh dengan mobil dan bangunan, ada solusi cerdas-nya: Cetak foto-foto pepohonan dan dengarkan suara burung. Walaupun terdengar menyedihkan, foto dan suara tersebut ternyata juga dapat membantu kamu mengurangi stres.

Tapi perlu diingat, jangan sampai jadi terlalu banyak mencetak foto, karena kertas yang kamu gunakan itu berasal dari pohon yang asli!

Rubrik
Aha!

Artikel sejenis

  • insomnis-insinyurx

    Ternyata, Tidak Sulit untuk Atasi Insomnia

    Kondisi insomnia memiliki gejala, dan sulit tidur di malam hari hanya salah satunya. Gejala lainnya? Di antaranya adalah sering terbangun di malam hari, atau merasa capek ketika baru bangun...
  • 07112016-parno-insinyurx-febyelsadiora

    Parno Adalah Kunci Menuju Sukses

    Paranoia atau paranoid merupakan gangguan mental di mana seseorang selalu meyakini ada hal yang membahayakan dirinya. Tetapi, kalau sedikit nggak apa-apa, lho… karena parno adalah kunci menuju sukses....