Cara Membuat Suara Lightsaber, T-Rex dan Cakar Wolverine

Film bukan cuma soal visual, tapi juga audio. Tapi bagaimana sang kreator film menciptakan suara-suara ikonik tersebut?
CaraMembuatSuaraLightsaberTrexWolverine

Para pecinta film sains fiksi dan/atau fantasi Hollywood pasti sudah tak asing lagi dengan efek-efek visual yang memanjakan imajinasi. Sayangnya, kita sering terlalu fokus sama gambar, sampai menganak-tirikan satu elemen yang sama pentingnya: suara.

Coba bayangkan, kalau rekayasa suara dari film-film ikonik seperti Star Wars, Jurassic Park dan X-Men dibikin asal-asalan. Euggh… kamu pasti bakal protes berat. Dan ujungnya, film sebagus apapun pasti jadi kurang menarik untuk ditonton.

Nah, soal rekayasa suara, mungkin tidak banyak yang lebih jago dari para perekayasa suara di Hollywood. Saking jagonya, kita bisa dibikin sedemikian terpikat, percaya dan bahkan jadi fanatik sama obyek fiktif yang hanya ada di film itu. Hebatnya, banyak dari suara-suara ikonik dalam film itu sebetulnya hanya diracik dari benda dan obyek sehari-hari. Penasaran? Inilah 3 rekayasa suara film yang paling ikonik menurut Insinyur X.

#1 Lightsaber (Star Wars, 1977)

Adalah Ben Burtt dan tim perancang suaranya yang menciptakan suara khas lightsaber (baca selengkapnya di media Telegraf), dengan menggabungkan dengung sebuah proyektor film yang menganggur dan suara mengumbang dari set TV jadul. Kemudian, ia pun menambahkan desir pergerakan pedang lightsaber dengan cara melambaikan shotgun microphone di depan sebuah speaker, selaras dengan gerakan para aktor. Ketika lightsaber menghujam sesuatu, ia menggunakan suara tumbukan tongkat yang menghantam es kering serta menambahkan sedikit elemen bunyi vacuum cleaner.

#2 Tyrannosaurus Rex (Jurassic Park, 1993)

Dari bocah sampai bapak-bapak pasti tahu perawakan karnivora prasejarah yang satu ini. Tapi sesungguhnya, tidak pernah ada yang tahu pasti bagaimana suara raungan T-Rex. Nah, orang yang bertanggung jawab membuat raungan fiktif T-Rex jadi kenyataan adalah Gary Rydstrom. Ia merekam dan melambatkan berbagai suara hewan, mulai dari jeritan bayi gajah, gelegak buaya, sampai bentakan harimau! Untuk suara nafas T-Rex, Pak Rydstrom memakai suara buang napas ikan paus. Sementara, untuk menghadirkan suara lapar nan penuh nafsu membunuh, ia mendapatkannya dari anjing peliharan sendiri—seekor Jack Russel terrier.

#3 Cakar Wolverine (X-Men, 2000)

Ini salah satu jagoan favorit Insinyur X. Pasti kita semua sempat begidik ketika cakar adamantium Bang Logan keluar menembus kulitnya sendiri. Imajinasi suara ini keluar dari seorang perancang suara bernama Craig Berkey. Untuk mendapatkan basis suara metal dan benda tajam yang menembus daging, ia menggunakan suara pisau yang ditarik dari sarungnya dicampur dengan suara bangkai ayam dan kalkun yang lagi dikoyak-koyak. Buat kamu yang suka berpikir Hollywood selalu memakai teknologi canggih nan mahal, sepertinya kamu harus berpikir ulang. Seringkali ilham itu datangnya dari obyek sehari-hari. Soal bagaimana mengasah kreatifitas rekayasanya, ya, banyakin aja nongrong sama Insinyur X.

Rubrik
Aha!Pilihan Editor

Artikel sejenis