Parno Adalah Kunci Menuju Sukses

Orang-orang yang mudah paranoid seringkali dianggap pengecut dan kurang asyik. Siapa sangka, parno adalah kunci kesuksesan.
07112016-parno-insinyurx-febyelsadiora

Paranoia atau paranoid merupakan gangguan mental di mana seseorang selalu meyakini ada hal yang membahayakan dirinya. Tetapi, kalau sedikit nggak apa-apa, lho… karena parno adalah kunci menuju sukses.

Priambudi, seorang manajer di salah satu perusahaan ternama di Jakarta, memiliki sikap tegas dan percaya diri yang pada akhirnya membawa dirinya ke puncak kepemimpinan dengan cepat. Tetapi ada satu rahasia besar di balik kesuksesan itu. “Ya, saya membiasakan diri untuk merasa sedikit paranoid akan segala hal,” tuturnya.

Aneh? Bisa jadi. Tapi sikap Priambudi beralasan dan malah berbuah. Baginya, dengan menjadi sedikit parno, ia akan waspada terhadap lingkungan sekitar – terutama di lingkup pekerjaan. Parno ditinggal konsumen, misalnya, membuat Priambudi selalu memikirkan cara menjaga loyalitas mereka. Ia juga memikirkan langkah-langkah apa yang tepat bagi perusahaan ke depannya, memperhitungkan kompetitor juga selalu awas terhadap persaingan di kantor. Sifat paranoid, pada akhirnya, bikin ia bekerja lebih cepat dan tepat.

Kamu juga bisa mengambil contoh kesuksesan Bruce Aust, pengusaha yang kini menjabat Wakil Komisaris NASDAQ, perusahaan yang menjadi raja di bursa pasar saham Amerika. Baginya, menjadi parno malah membuatnya menjadi pemimpin yang aktif dalam mencipta ide. Bruce membangkitkan semangat sekitar 400 karyawannya untuk selalu menuangkan ide baru melalui program bernama GIFT.

“Satu pertanyaan yang terus berada dalam kepala saya adalah; ide apa yang sedang dipikirkan oleh para kompetitor saya,” ujar Bruce. “Meski tidak semua ide tersebut akan berhasil, tidak apa-apa. Kegagalan justru membawa kita untuk memunculkan ide yang baru.”

Intinya, kamu boleh-boleh saja menjadi paranoid, asal masih dalam batas wajar dan dengan tujuan yang jelas. Misalnya, parno karena belum belajar untuk ujian, atau parno karena terlambat masuk kelas. Tapi tolong jaga paranoia kamu dalam batas wajar. Kalau level parno kamu sudah kelewat tinggi, bisa-bisa kamu jadi sakit beneran…

 

 

Rubrik
Aha!

Artikel sejenis

  • insomnis-insinyurx

    Ternyata, Tidak Sulit untuk Atasi Insomnia

    Kondisi insomnia memiliki gejala, dan sulit tidur di malam hari hanya salah satunya. Gejala lainnya? Di antaranya adalah sering terbangun di malam hari, atau merasa capek ketika baru bangun...
  • cara hilangkan stres-insinyurx

    Hilangkan Stres dengan Burung dan Batang

    Lingkungan tempat tinggal ternyata memang betul-betul bisa memengaruhi tingkat stres seseorang. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exeter. Katanya, lingkungan tempat tinggal yang asri dan...