5 Tanda Ilmiah Seseorang Jatuh Cinta

Kalau Anda menemukan tanda-tanda ini dalam diri Anda sendiri, selamat! Anda lagi jatuh cinta.
07112016-5tandailmiahjatuhcinta-insinyurx-febyelsadiora

Banyak orang yang yakin pernah jatuh cinta, tapi ketika ditanya apa itu cinta, mereka cuma garuk-garuk kepala sambil mesem-mesem kurang jelas. Maka berterimakasihlah pada sains, karena kini kamu bisa mengenali 5 tanda ilmiah seseorang jatuh cinta.

Jadi begini ceritanya. Kita mesti berpikir terbalik. Ketimbang mencari definisi cinta, akan lebih mudah untuk mengenali tanda-tanda jatuh cinta dan mengambil gambaran dari situ. Nah, kebetulan seorang antropologis dari Rutgers University telah berhasil memetakan 5 gejala jatuh cinta berdasarkan aktivitas biologi seseorang yang  berada dalam kondisi itu. Simak yang berikut ini.

#1 Kamu jadi baper
Ini adalah gejala pertama seseorang sedang kasmaran. Saat jatuh cinta, kamu akan melihat orang yang dicintai sebagai individu yang begitu unik dan spesial. Tak cuma itu, keyakinan tersebut juga dibarengi oleh hasrat untuk merasakan gairah romantis bersamanya. Dari kacamata ilmiah, perasaan-perasaan itu dipicu oleh perubahan kimiawi di dalam tubuh, yang disebabkan oleh zat dopamin. Perubahan itulah yang pada akhirnya bikin kamu baper alias selalu ingin diperhatikan.

#2 Halu-halu gimana gitu
Yang ini masuk ke dalam 5 tanda ilmiah seseorang jatuh cinta karena hubungan tak langsung. Dopamin sentral dan norepinefrin adalah dua zat yang terkait erat dengan peningkatan memori. Dan keduanya bertanggung jawab terhadap kemunculan paras atau body gebetan kamu di waktu-waktu tertentu, misalnya pas kamu lagi melamun di kelas dan membayangkannya, ketika kamu tidur dan dia muncul di mimpi, atau mungkin pas kamu lagi di kamar mandi dan… #yabegitulah.

Masalahnya, efek dari kerja kedua zat tadi cukup menipu. Memori kamu seperti di-hacked, sehingga kamu jadi lebih mudah atau fokus mengingat hal-hal positif darinya, ketimbang yang negatif. Contohnya? Kamu mungkin tidak begitu ingat wajahnya ketika sedang pup, tapi kamu akan ingat jelas betapa eloknya dia kala tersenyum. Di samping itu, kedua zat tadi akan membuatmu mengingat hal-hal remeh, seperti bajunya pada kencan pertama, lisptik yang ia pakai, atau mungkin juga motif-motif bajunya.

#3 Jadi semacam junkie
Ya, jatuh cinta memang sering bikin kamu tidak stabil secara fisik dan emosi. Hal itu karena kamu jadi bisa merasakan beragam emosi menjadi satu, atau datang silih berganti. Sebut saja, gembira, euforia, hilang nafsu makan, sulit tidur, gemetar, jantung berdebar, ingin hidup bersama selamanya, ingin mati, cemas, panik dan seterusnya. Ini nyaris seperti kecanduan narkoba. Tapi sesungguhnya, kamu memang kecanduan! Menurut studi tersebut, satu kemiripan antara kecanduan narkoba dengan jatuh cinta adalah mereka menstimulasi bagian otak yang sama. Nah, lho… Siapa juga yang tidak ketagihan?

#4 Ini obsesimu
Hal selanjutnya yang menjadi tanda ilmiah seseorang jatuh cinta adalah menjadikan Si Dia sebagai obsesi, meski tanpa disadari. Tahukah kamu kalau seseorang yang sedang jatuh cinta menghabiskan 85% waktu mereka untuk memikirkan Si Dia? Apalagi namanya kalau bukan obsesi! Hal itu kemudian mewujud menjadi perilaku obsesif, seperti keinginan untuk meneleponnya setiap saat, saling berkirim pesan juga bertemu. Perilaku obsesif ini muncul karena adanya penurunan tingkat hormon serotonin pusat di otak. Jika sudah sampai level mengganggu atau membahayakan (baca: perilaku obsesif-kompulsif), maka kamu memerlukan terapi inhibitor serotonin-reuptake untuk mengontrolnya.

#5 Bukan (melulu) soal seks
Saat seseorang sedang jatuh cinta, maka keinginan untuk berhubungan seks dengannya bukanlah hal yang utama (silakan cek perasaan itu di antara kamu dan pasangan). Yang lebih utama adalah keterikatan emosional. Studi mengatakan bahwa 64% orang yang jatuh cinta, baik itu laki-laki maupun perempuan, tidak menganggap seks adalah bagian terpenting dari hubungan mereka. Meskipun begitu, studi yang sama juga mengatakan bahwa orang yang jatuh cinta biasanya merasakan gairah yang tak terkendali.

Rubrik
Aha!Pilihan Editor

Artikel sejenis

  • 07112016-9carailmiahmemikatperempuan-insinyurx-febyelsadiora

    9 Cara Ilmiah Memikat Perempuan

    Sains telah menunjukan 9 cara ilmiah memikat perempuan. Kesembilan cara berikut ini, meskipun terbukti secara ilmiah, merupakan hal sederhana dan mudah dilakukan. Jadi, untuk menghindari banyaknya saingan kamu di...